Teknik Pengolahan Limbah PPNS adakan Kuliah Tamu dengan PT. PJL Enviro

plTelah diselenggarakan kuliah tamu program studi Teknik Pengolahan Limbah pada hari Sabtu, 16 April 2016 di ruang peraga gedung K lantai 2 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Acara tersebut dimulai tepat pukul 08.00 WIB dengan jumlah peserta yang hadir 59 mahasiswa. Tema dari kuliah tamu tersebut adalah “Pengolahan Limbah Secara Biologis” dengan pembicara Bapak Purbo Wahono yang bekerja di PJL Enviro.
Dalam kesempatan tersebut Pak Purbo menjelaskan bagaimana sistem dan apa saja unit-unit yang dibutuhkan dalam pengolahan limbah secara biologis. Seperti yang kita ketahui bahwa pengolahan limbah secara biologis adalah pengolahan yang membutuhkan mikroorganisme untuk membantu menguraikan senyawa yang terkandung dalam limbah. Namun pada kuliah tamu ini dikupas lebih dalam mengenai pengolahan limbah secara biologis. Tidak hanya itu, mahasiswa pun dijelaskan mengenai solusi pengolahan limbah biologis yang ramah lingkungan. Seperti pembangunan IPAL yang berada dibawah taman buatan yang berbentuk seperti rumah kaca. Hal ini menjadikan suasana kuliah tamu menjadi semakin intens. Mahasiswa pun menjadi aktif bertanya mengenai solusi pengolahan tersebut.

Kuliah tamu “Pengolahan Limbah Secara Biologis” ini bertujuan untuk lebih mengembangkan pengetahuan mahasiswa teknik pengolahan limbah mengenai sistem pengolahan limbah di lingkungan kerja dengan memanfaatkan berbagai teknologi. Dengan itu nantinya diharapkan mahasiwa teknik pengolahan limbah lebih siap lagi dalam bersaing dengan lulusan universtas lainnya di dunia kerja dan dapat membawa nama baik PPNS. Karena dalam dunia kerja, yang dibutuhkan tidak hanya skill yang didapat melalui perkuliahan saja, tetapi juga pengalaman para ahli dibidang pengolahan limbah, salah satunya melalui kuliah tamu. (dara/pl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *