PENYAKIT TIDAK MENULAR

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan adalah
hal yang penting, namun dimasa sekarang ini banyak ditemui penyakit salah satunya adalah penyakit tidak menular.

Penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif telah menjadi segmentasi permasalahan tersendiri bagi tiap negara di seluruh dunia. Permasalahan yang diakibatkan oleh berbagai macam penyakit menular, kasus penyakit non infeksi menimbulkan adanya beban ganda bagi dunia kesehatan. Menurut WHO, diperkirakan banyak negara mengalami kerugian hingga miliar Dollar akibat penyakit degeneratif ini, oleh karena itu dibutuhkan langkah tepat untuk menanggulanginya.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), tekanan darah tinggi pada orang dewasa berusia 18 tahun keatas sekitar 22%. Penyakit ini juga bertanggung jawab atas 40%
kematian akibat penyakit jantung dan 51% kematian akibat stroke. Selain secara global, hipertensi juga menjadi salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak di derita masyarakat Indonesia (57,6%). Hal ini dibuktikan melalui jumlah kunjungan hipertensi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang terus meningkat setiap tahunnya.

Di Indonesia penyakit kronis degeneratif sudah terjadi peningkatan. Penyakit degeneratif merupakan penyakit tidak menular yang berlangsung kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kegemukan dan lainnya. Kontributor utama terjadinya penyakit kronis adalah pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, pola makan dan obesitas, aktivitas fisik yang kurang, stres, dan pencemaran lingkungan. Sehingga Indonesia menanggung beban ganda penyakit di bidang kesehatan, yaitu penyakit infeksi masih merajalela dan ditambah lagi dengan penyakit penyakit kronik degeneratif.

Mari Menuju Masa Muda Sehat Hari Tua Nikmat Tanpa PTM dengan Perilaku CERDIK

Cek faktor risiko PTM (obesitas, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol) secara rutin dan teratur

Enyahkan asap rokok dan polusi udara lainnya

Rangsang aktifitas dengan gerak olah raga dan seni

Diet yang sehat dengan kalori seimbang

Istirahat yang cukup

Kuatkan Iman dalam menghadapi stres

Sumber

Adianti Handajani, B. R. 2009. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pola Kematian.

Jumriani Ansar, I. D. 2019. Determinan Kejadian Hipertensi pada Ppengunjung POSBINDU di Wilayah Kerja Puskesmas Ballaparang Kota Makassar. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan.

Kementrian Kesehatan . 2012. Buletin Jendela Data & Informasi Kesehatan. Vol 2.

UU Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website