Penyakit Akibat Kerja dari Faktor Biologi

PAK Apa Saja Yang Disebabkan Karena Faktor Biologi?i-workerscomp

Banyak pekerja menyepelekan dampak dari PAK yang disebabkan oleh faktor Biologi. Kebanyakan dari mereka mengira kondisi lingkungan kerja tidak berpengaruh besar terhadap kesehatan mereka. Sedangkan pada kenyataannya kebersihan lingkungan sekitar perlu diperhatikan agar kita dapat waspada mengenai penyebaran bakteri, virus, kuman, dll. Adapun penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh faktor biologi adalah :

  • Demam Thypoid

`           Demam thypoid merupakan infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Thypi yang masuk melalui saluran pencernaan dan menyebar ke seluruh tubuh (sistemik). Bakteri ini akan berkembang biak di kelenjar getah bening usus dan kemudian masuk ke dalam darah sehingga menyebabkan penyebaran kuman dalam darah.

Penyakit Demam Thypoid bisa juga karena bakteri yang disebarkan melalui tinja, muntahan, urin, kemudian terbawa oleh Lalat melalui perantara kaki-kakinya dari kakus ke dapur yang akan mengkontaminasi makanan atau minuman, sayur-sayuran, atau pun buah-buahan segar.

  • Pneumokoniosis

Pneumokoniosis  disebabkan oleh debu mineral pembentukan jaringan parut  (Silikosis, antrakosilikosis, asbestosis) Gejala penyakit ini berupa sakit paru paru, namun berbeda dengan penyakit TBC paru.

  • Penyakit hepatitis

Penyakit hepatitis merupakan suatu penyakit  peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh virus. Pada umumnya penyakit ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu hepatitis akut dan hepatitis kronis. Pada hepatitis akut prosesnya berlangsung kurang dari 6 bulan. Sedangkan  pada hepatitis kronis prosesnya lebih dari 6 bulan.Penyakit hepatitis dapat terjadi karena adanya virus utama dari kelima virus penyebab hepatitis, yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatiti C, virus hepatitis D, dan virus hepatitis E, D.

  • Penyakit Antrhax

Anthrax adalah penyakit hewan yang dapat menular ke manusia dan bersifat akut. Penyebabnya adalah bakteri Bacillus anthacis. Pada manusia penyakit anthrax akan menimbulkan semacam bisul berwarna hitam kemerahan. Apabila pecah akan menimbulkan luka dan meninggalkan cacat.

  • Penyakit histoplasmosis

Histoplasmosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan gejala yang menyerupai gejala pilek, seperti demam, menggigil dan batuk yang disebabkan oleh infeksi jamur Histoplasma capsulatum pada paru-paru. Histoplasmosis dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

  • Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) {bahasa medisnya disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)} adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang mana menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan.

Hampir semua pekerjaan memiliki resiko tinggi terutama terinfeksi berbagai macam penyakit akibat lingkungan yang kotor dan berpotensi menimbulkan bahaya. Maka dari itu tiap pekerja harus mengetahui bahaya-bahaya penyakit akibat kerja faktor Biologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *