KULIAH TAMU “K3 Power Plant”

 

Sabtu, 28 Oktober 2017 Himpunan Mahasiswa Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema “K3 Power Plant” di Ruang Theater Politeknik perkapalan Negeri Surabaya. Acara ini dibuka oleh Pak Arief Subekti, S.T., MT selaku Kepala Program Studi Teknik K3 serta dihadiri mahasiswa semester 1, 3 dan 5. Keynote speaker ialah Chandra Mukti Sri Maulana,  S.ST (Alumni Mahasiswa Teknik K3 PPNS 2010) yang merupakan Assistant Officer Pembangkit Jawa Bali.

Kepala Program Studi Teknik Keselamatan dan kesehatan kerja mengatakan bahwa proses mengidentifikasi bahaya itu sangat penting. Kita juga dapat mengidentifikasi bahaya dengan menggunakan metode HIRAC/ JSA. Dimana HIRADC (Hazard Identification Risk Assessment & Determining Control) merupakan proses mengidentifikasi bahaya yang dapat terjadi dalam aktifitas rutin ataupun non rutin dalam perusahaan, untuk selanjutnya dilakukan penilaian risiko dari bahaya tersebut. Hasil dari penilaian resiko tersebut berguna untuk membuat program pengendalian bahaya agar perusahaan dapat meminimalisir tingkat resiko yang mungkin terjadi sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Sedangkan JSA (Job Safety Analysis) merupakan proses identifikasi bahaya dari setiap tahapan-tahapan pekerjaan kemudian melakukan penilaian tingkat bahay dan selanjutnya membuat program pengendalian yang bertujuan untuk mencegah kecelakaan kerja.

“Kami berterimakasih kepada kakak Chandra Mukti yang telah menyempatkan waktunya membagikan ilmu kepada adik-adik Teknik K3 PPNS. Sehingga kami bisa memahami jelas K3 Power Plant serta Praktek pembuatan Hirac dan JSA. Untuk kedepannya semoga kami dapat mengaplikasikan dengan benar ilmu tersebut”. Ungkap Mutttiara Siswoyo – Ketua Pelaksana Kuliah Tamu K3 2017

(Editor : Tita Retnovitasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website